Empat Pantai Indah Nan Eksotis di Pulau Bonerate


sunrise di pulau bonerate copy
Sunrise di Pulau Bonerate

Mendengar kata Bonerate, ingatan kita akan tertuju pada destinasi wisata bahari Taman Nasional Taka Bonerate yang ada di Kabupaten Kepulauan Selayar. Terlebih, destinasi bahari ini mulai populer di kalangan wisatawan. Tak hanya pantai, keindahan bawah lautnya pun begitu menggoda untuk di jelajahi.

Meski sama-sama berada di wilayah Kabupaten Kepulauan Selayar, Bonerate dan Taka Bonerate tetap lah berbeda. Bonerate adalah nama sebuah pulau yang ada di Kecamatan Pasimarannu. Sementara Taka Bonerate adalah nama kecamatan lain yang ada di Kabupaten Kepulauan Selayar. Selain menjadi nama pulau, Bonerate juga adalah nama salah satu desa yang ada di Kecamatan Pasimarannu, yakni Desa Bonerate.

Nama pulau ini memang tak setenar kawasan wisata bahari Taman Nasional Taka Bonerate. Namun, pulau ini punya pantai-pantai indah nan eksotis yang siap untuk di jelajahi. Pantai-pantai yang ada di pulau ini tak kalah indah dengan pantai-pantai lain yang ada di Kabupaten Kepulauan Selayar.

Masalah akses menuju pulau tak perlu khawatir. Ada banyak kapal dari pulau ini baik yang menuju Benteng maupun ke arah pulau. Namun, kapal-kapal tersebut bukanlah kapal reguler yang di khususkan untuk para penumpang. Kapal-kapal tersebut adalah kapal dari pulau yang sedang memuat barang kebutuhan pokok di Benteng. Kemudian, barang-barang tersebut nantinya akan di bawa ke Pulau Bonerate.

Satu hal yang perlu anda persiapkan sebelum berkunjung ke pulau ini, yaitu mental. Ya, pulau ini cukup jauh untuk diakses dari kota Benteng. Untuk menuju pulau, anda harus menempuh perjalanan sekitar 13 jam dari dermaga Benteng menggunakan kapal. Nah, jika anda tertarik untuk berkunjung ke pulau ini, ada beberapa destinasi wisata pantai yang wajib masuk dalam daftar list perjalanan anda.

Pantai Lagundi

Pantai Lagundi copy

Lagundi adalah nama sebuah daerah yang ada Desa Majapahit Kecamatan Pasimarannu. Banyak masyarakat lokal yang sering mengunjungi tempat ini untuk berwisata. Pesona pantai berpasir putih menjadi daya tarik pantai ini. Selain asyik untuk berenang, anda juga bisa menghabiskan waktu sembari menunggu sunset di pantai ini. Jika anda pencinta fotografi, ini adalah salah satu tempat yang wajib anda kunjungi.

Landscape di Pantai Lagundi ini sangat bagus, terutama ketika sore hari. Selain menyajikan keindahan pantai berpasir putih, ada sisi lain pantai ini yang wajib anda ketahui. Saat air laut surut, pantai ini menyajikan pemandangan yang begitu indah karena anda bisa menikmati pasir timbul yang ada di pantai ini. Kebayangkan gimana rasanya bermain di pasir timbul pantai ini.

Pantai Bangke

DSC_0179

Seperti Pantai Lagundi, pantai ini juga menyajikan panorama pantai yang berpasir putih. Di depan pantai, tersaji pemandangan pulau lain yang ada di Kecamatan Pasimarannu. Tak terlalu sulit untuk mengakses lokasi pantai ini. Jaraknya pun cukup dekat dengan pemukiman penduduk. Pantai ini berada di Desa Lamantu Kecamatan Pasimarannu.

Pasir putih di pantai ini mempunyai tekstur yang agak kasar. Keindahanya pun tak diragukan lagi. Keindahanya soalah memanggil untuk dijamah. Pantai Bangke ini masih sepi dan tentu saja masih sangat alami. Anda pun bisa menikmati suasana pantai nan cantik ini layaknya pantai pribadi.

Pantai Lea-Lea

Pantai Lea-lea

Pantai ini cukup ramai dikunjungi oleh penduduk yang ada di Pulau Bonerate. Pantai ini berada di Desa Bonea Kecamatan Pasimarannu. Pesona pantai alami dengan pasir putih yang halus menjadikan tempat ini cukup populer. Untuk berenang, tak perlu khawatir. Pantai ini cukup aman untuk melakukan kegiatan seperti berenang.

Banyak terdapat pohon mangrove di sekitar pantai ini. Tak hanya itu, pohon-pohon mangrove ini pun banyak terdapat di depan pantai. Sehingga anda bisa berenang tanpa perlu khawatir terbawa arus. Pemandangan di pantai ini pun tak kalah indah dengan pantai-pantai lain yang ada di pulau ini.

Pantai Majapahit

Pantai Majapahit

Pantai Majapahit adalah salah satu destinasi wisata yang wajib anda kunjungi ketika berada di Pulau Bonerate. Pemandangan pantai dengan pasir putih yang indah siap menanti anda disini. Pantai ini berada di Desa Majapahit Kecamatan Pasimarannu. Untuk mengakses pantai ini pun tak sulit.

Anda bisa mengunakan kendaraan roda dua ke pantai ini. Selain menikmati pemandangan pantai, anda pun bisa menyaksikan langsung proses budidaya rumput laut. Sebagian lokasi di pantai ini memang dijadikan sebagai tempat budidaya rumput laut oleh masyarakat yang ada di pulau ini.

Advertisements

2 thoughts on “Empat Pantai Indah Nan Eksotis di Pulau Bonerate

  1. Sebenarnya banyak pantai bagus di Bonerate; seperti di Majapahit, di One dan atau di Sambali. Sayang sekali belum banyak terekspos. Dulu juga karang bagus, saya tidak tau sekarang karena illegal fishing yang marak.

    Like

Comment

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s